Minggu, 08 September 2013

Tips dan Trik Memilih jurusan



Berikut ini, beberapa tips dan trik memilih jurusan di PTN
1.       Menyesuaikan bakat, minat, dan cita-cita
Memilih jurusan sebaiknya sesuai dengan minat dan bakat kalian. Akan tetapi, tidak sedikit siswa yang memilih jurusan atas saran orangtua. Padahal, tidak sesuai dengan bakatnya. Sebagai contoh, siswa yang tidak menyukai hitung-hitungan diminta masuk jurusan Matematika. Ingat, apa pun yang kita jalani harus dialandasi rasa suka. Karena dengan rasa suka kita dapat mengikuti kuliah dengan baik.
2.       Daya tampung jurusan/ peluang diterima
Daya tampung untuk jurusan favorit biasanya terbataas dan banyak diperebutkan oleh banyak orang. Sebagai contoh, program studi pendidikan dokter. Oleh sebab itu, kalian harus memilih pilihan kedua pada jurusan yang benar-benar sesuai kemampuan.
3.       Lokasi dan Biaya
Bagi masyaraka ekonomi kebawah, lokasi dan biaya pendidikan sangat memengaruhi. Ingat, kuliah S1 ditempuh kurang lebih 4 tahun. Dimana kalian akan membutuhakan biaya untuk hidup, pengeuaran yang berhubungan dengan studi, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika dana terbatas pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang biaya hidupnya lebih murah dan biaya kuliah yang relative tidak mahal. Atau sekarang ini banyak program beasiswa yang ditawarkan baik itu dari kampus itu sendiri maupun dari lembaga lain.
4.       Prospek kerja yang memadai
Carilah informasi mengenai jurusan yang kalian pilih. Informasi tersebut bias anda dapatkan dari internet, orangtua, guru, saudara, senior, atau mahasiswa yang masuk jurusan tersebut, Dsb. Dan ingat, jangan mudah terpengaruh oleh teman.
Mudah-mudahan informasi yang saya berikan ini dapt bermanfaat bagi anda semua dan tetap semangat untuk berjuang demi SBMPTN, oke?