Jumat, 21 Oktober 2011

Kebugaran Jasmani

Ialah kemampuan fisik seseorang untuk melakukan aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan.
Istilah dalam kebugaran jasmani :

Kekuatan
merupakan kemampuan otot/sekelompok otot untuk membangkit tegangan untuk daya tahan
latihan kekuatan dibagi 3 yaitu: Kontraksi isometrik, kontraksi isotonik, kontaksi kinetik
  kontraksi isometrik merupakan latihan kekuatan yang perubahan ukuran ototnya tetap dengan menarik           benda-benda yang tidak dapat berindah seperti tembok, dsb
  kontraksi isotonik merupakan latihan yang menampakan anggota tubuh yang bergerak meliputi 2 macam bentuk: kontraksi konsentrik yaitu ototnya memendek seperti pull up, sit up dan kontraksi eksentrik yaitu memanjang seperti latihan push up, latihan lompat
  kontraksi isokinetik merupakan bentuk latihan kekuatan dimana setiap ruang gerak mendapat beban yang sama biasanya menggunakan alat-alat seperti lempengan besi, dsb
Kecepatan
kemampuan seseorang untuk menempuh suatu jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya, bentuk latihan ini bisa lari sprint, lari 100m, dsb
Kelentukan
Kemampuan sendi dan otot untuk bergerak dalam ruang yang seluas-luasnya, bentuk latihan ini bisa berupa split, dsb
Kelincahan
merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat, bentuk latihan ini bisa berupa lari zigzag, shuttle run, dsb
Daya tahan
merupakan kemampuan fisik seseorang untuk melakukan aktivitas dalam waktu yang lama, bentuk latihan ini bisa berupa lari 12 menit, dsb
Keseimbangan
merupakan kemampuan untuk mempertahankan tubuh  dalam suatu tumpuan, bentuk latihan bisa berupa bertumbu di galah, berdiri dengan satu kaki, dsb

Denyut nadi maksimal ialah denyut nadi yang paling banyak dalam usia tertentu dalam hitungan menit
rumusnya: 220-usia
Denyut nadi latihan ialah batas denyut nadi yang digunakan pada saat latihan fisik rumusnya: denyut nadi maksimal x 80% s/d 90%